KAPITA SELEKTA (2) Perubahan Sosial dan Modernisasi, Terdapat 9 (sembilan) item perubahan Sosial akibat Modernisasi, Jelaskan dengan contoh

Perubahan modernisasi adalah perubahan transpormasi total dari kehidupan bersama yang tradisional dalam arti teknologi, ilmu pengetahuan serta organisasi social kearah ekonomis dan politis. Tingkat teknologi juga dapat membangun modernisasi bisa di nikmati dan di rasakan oleh lapisan masyarakat dari masyarakat metropolitan hingga desa-desa terpencil dan Ini adalah 9 item contoh perubahan social akibat modernisasi:

1 Pertambahan Penduduk
Pertambahan penduduk menyebabkan perubahan dalam pola tempat tinggal, yang semula terpusat pada lingkungan kerabat, berubah terpencar yang berorientasi pada pekerjaan contoh nya adalah urbanisasi penduduk dari desa ke kota untuk mencari kehidupan yang layak dikota ketimbang hidup di desa nya

2 Pertentangan Dalam Masyarakat
Konflik antarkelompok sosial atau golongan sosial dalam masyarakat menyebabkan perubahan masyarakat yang bersangkutan.
Contoh: Konflik yang berlatar belakang SARA pada masyarakat majemuk, menyebabkan retaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

3 Terjadi Pemberontakan/Revolusi
Pemberontakan/revolusi menyebabkan perubahan peta politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Contoh: Pemberontakan G 30 S/PKI tahun 1965 membawa perubahan dalam sistem politik Indonesia dan dilarangnya ajaran komunis di Indonesia.

4 Sosial
perluasan kolonialisme dan imperialisme berakibat makin melemahnya kedudukan dan perekonomian penguasa pribumi. Penguasa pribumi lebih banyak ditugaskan untuk menggali kekayaan bumi Indonesia, seperti memungut pajak, mengurusi tanaman milik pemerintah dan mengerahkan tenaga kerja untuk kepentingan pemerintah Belanda.Turunnya kedudukan penguasa pribumi mengakibatkan turunnya derajat dan kehormatan sebagai penguasa pribumi.

5 Penemuan Baru
Suatu proses sosial dan kebudayaan yang besar yang terjadi dalam jangka waktu tertentu tidak terlalu lama disebut penemuan baru atau inovasi. Penemuan baru yang merupakan penyebab perubahan dibedakan menjadi dua, yaitu discovery dan invention. Discovery adalah suatu penemuan unsur kebudayaan yang baru, baik alat maupun ide yang diciptakan individu/kelompok individu. Invention adalah suatu penemuan baru yang telah diakui, diterima, dan diterapkan/digunakan masyarakat contoh nya adalah penggunaan media social seperti twitter,facebook dan lain sebagainya.

6 Peranan Nilai yang Diubah
Nilai yang diubah membawa perubahan dalam masyarakat, misal pembudayaan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) di Indonesia mampu mencegah pertambahan penduduk contoh nya adalah KB (Keluarga Berencana) karna dengan adanya program KB dari pemerintah setiap pasangan yang baru menikah hanya boleh memiliki dua orang anak saja cukup, agar pertumbuhan penduduk tidak membeludak besar.

7 Pendidikan
sesuai dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak kegiatan pendidikan formal maupun non formal yang tidak hanya mengandalkan guru atau pembimbing. karena banyaknya cara untuk memperoleh pendidikan seperti dengan menggunakan internet. bahkan pemerintah juga selalu memperbaharui sistem kurikulum di republik ini.
8 Gaya Hidup
dilihat dari perkembangan zaman dan tekhnologi banyak perubahan pada mode pakaian. dulu orang-orang berpakaian hanya dengan kain atau pakaian yang hanya menutupi kemaluan saja. seiring berjalannya waktu mode pakaian berubah menjadi lebih sopan dana tertutup. tetapi kini setelah masuknya budaya dari luar melalui kemajuan teknologi cara berpakaian mulai berubah menjadi pakaian yang minim.
9 tata krama atau perilaku
saat ini sangat sulit kita menemukan orang yang memiliki etika yang baik karena rusaknya pendidikan tata krama yang sudah di kembangkan sejak awal. contohnya dulu ketika hendak sekolah kita berpamitan dengan orang tua, hal yang paling kecil adalah bersalaman. tetapi kini banyak sekali pelajar yang langsung saja meninggalkan rumah tanpa berpamitan.

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

Apa itu “The Changes”? Perubahan Sosial akibat modernisasi, dimulai dari gaya hidup (life Style) dan bahkan sampai pada perubahan struktur sosial dan budaya sebagai akibat modernisasi. Apa Itu Modernisasi? Modernisasi bisa terjadi karena lebih cenderung dirancang oleh institusi baik pemerintah maupun swasta. Namun Modernisasi Kebudayaan tidak terjadi karena dirancang, tetapi karena adanya adopsi dari budaya luar. Modrnisasi meliputi hampir seluruh aktifitas kehidupan manusia. Kemunculan teori pembangunan dipengaruhi oleh adanya fenomena kemiskinan di banyak negara dunia ketiga terutama setelah Perang Dunia II. Permasalahan ini didekati melalui perspektif yang berbeda, yaitu

  1. Teori modernisasi yang menjelaskan bahwa kemiskinan terutama disebabkan oleh faktor-faktor internal atau faktor yang terdapat di dalam negeri di setiap kawasan negara yang bersangkutan; dan
  2. Teori dependensi atau teori struktural yang lebih banyak mempersoalkan faktor-faktor eksternal sebagai penyebab kemiskinan. Kemiskinan dilihat terutama sebagai akibat bekerjanya kekuatan-kekuatan luar yang menyebabkan negara yang bersangkutan gagal melakukan pembangunannya.

Ingat bahwa lawan dari paradigma Modern…

Lihat pos aslinya 33 kata lagi

Tinggalkan komentar